Tiga Mazhab Psikologi, Behavioris

Behaviorism (Atau behaviorisme), Juga disebut perspektif pembelajaran (Di mana setiap tindakan fisik adalah perilaku), merupakan filsafat psikologi yang didasarkan pada proposisi bahwa semua hal yang dilakukan organisme termasuk; bertindak, berpikir dan merasa - dapat dan harus dianggap sebagai perilaku. Sekolah pemikiran behavioris berpendapat bahwa perilaku demikian dapat dijelaskan secara ilmiah tanpa harus ditinjau baik untuk peristiwa fisiologis internal atau konstruksi hipotetis seperti pikiran. Behaviorisme terdiri dari posisi bahwa semua teori harus memiliki korelasi observasional tetapi tidak ada perbedaan filosofis antara proses publik yang dapat diamati (seperti tindakan) dan proses pribadi yang dapat diamati (seperti pikiran dan perasaan).

Pada awal abad ke-19, sekolah pemikiran behavioris berjalan secara bersamaan dan memiliki banyak kesamaan dengan Psikoanalitik dan gerakan Gestalt menuju abad ke-20, tetapi juga berbeda jika dilihat dari filsafat mental para psikolog Gestalt. pengaruh utamanya adalah Ivan Pavlov, Yang menyelidiki pengkondisian klasik (Classical Conditioning), Edward Lee Thorndike, John B. Watson yang menolak metode introspektif dan berusaha untuk membatasi psikologi untuk Metode eksperimental, Dan B. F. Skinner yang melakukan penelitian pada pengkondisian operan.

Pada pertengahan abad kedua puluh, sebagian besar cahaya behaviorisme menghilang diakibatkan revolusi kognitif. Meskipun kedua sekolah pemikiran psikologis mungkin tidak setuju secara teoritis, mereka saling melengkapi dalam aplikasi terapeutik praktis. Salah satu warisan penting dari investigasi behavioris adalah terapi kognitif-perilaku, perawatan populer yang menggunakan model kognitif bersama teknik behavioris seperti "desensitisasi sistematis" dan "manajemen kontingensi" yang memiliki utilitas dibuktikan dalam membantu orang dengan patologi tertentu, misalnya fobia sederhana, PTSD , dan kecanduan. Selain itu, behaviorisme berusaha untuk membuat model yang komprehensif aliran perilaku dari kelahiran manusia sampai kematiannya (Analisis perilaku perkembangan anak)

Beberapa tokoh behavioris terkenal

* Alan E. Kazdin, Albert Bandura, Edwin Guthrie Ray, Richard J. Herrnstein, Clark L. Hull, Ivan Pavlov, B. F. Skinner, Edward Lee Thorndike, Edward C. Tolman, Murray Sidman, John B. Watson, Ole Ivar Lovaas, Steven C. Hayes, Donald Baer

Komentar