Proyeksi

Dalam Psikologi, Proyeksi psikologi (bias proyeksi) adalah sebuah mekanisme pertahanan yang mana mencirikan pelarian diri seseorang pada sesuatu kondisi atau emosi yang tidak dikehendaki. Proyeksi mengurangi tingkat kecemasan dengan mengalihkan pada ekspresi dari dorongan alam bawah sadar yang tidak diinginkan tanpa dikenali oleh ego. teori ini dikembangankan oleh Sigmund Freud dan kemudian didefinisi ulang oleh anaknya Anna Freud, dengan alasan ini maka seringkali teori ini disebut Freudian Projection.

Menurut Corey Mixon, proyeksi adalah sebuah mekanisme pertahanan dimana seseorang memunculkan prilaku, motivasi, dan perasaan yang tidak diinginkan kepada orang lain.

Untuk memahami prosesnya, bayangkan seseorang dari pasangan yang tidak beragama. walaupun mereka berhadapan dengan pikiran yang tidak diinginkan secara sadar akan tetapi secara alam bawah sadar memproyeksikan perasaan ini pada orang lain, dan memulai berpikir bahwa orang lain akan berpikir untuk memulai suatu hubungan. dengan cara ini akan terlihat bahwa proyeksi terbentuk dari satu penolakan, singkat kata mekanisme pertahanan yang paling primitif yaitu proyeksi. mereka yang memproyeksikan penolakan dalam bagian dari diri mereka hal yang menyedihkan itulah yang akan muncul ke permukaan. dalam kasus ini, mereka tidak bisa menghadapi perasaan ketidak beragamaan mereka dan memproyeksikannya kepada orang lain.

Peter Gay mengambarkannya sebagai
[...]"the operation of expelling feelings or wishes the individual finds wholly unacceptable—too shameful, too obscene, too dangerous—by attributing them to another."[...]

dan kemudian konsep ini dibantah oleh Friedrich Nietzsche:

[...]"He who fights with monsters should look to it that he himself does not become a monster. And when you gaze long into an abyss the abyss also gazes into you."[...]

Philosof Ludwig Feuerbach berdasarkan teori dalam agama yang merupakan bagian dari ide proyeksi, ide bahwa perubahan manusia adalah mengeluarkan proyeksi dari kegelisahan dan hasrat seseorang.

Proyeksi psikologi adalah subjek dalam buku Robert Bly's sebuah buku kecil dari bayang manusia. bayang adalah sebuah terminologi dimana psikologi Jung menggambarkan sebuah varietas proyeksi psikologi - yang merunut pada proyeksi material.

Psikolog Louise Von Franz menambahkan pandangan tentang proyeksi untuk mengkover semua pola fenomena dari temuan yang terdapat dalam penciptaan mitos: "... wherever known reality stops, where we touch the unknown, there we project an archetypal image."

Counter-projection

ketika mengalamatkan trauma psikologi sebagai sebuah mekanisme pertahanan yang kadang kadang merupakan proyeksi terbalik, termasuk sebuah obsesi untuk melanjutkan dan memposisikan penyembuhan trauma dan obsesive kompulsif dengan melihat pemicu dari trauma dan proyeksinya.

Jung menulis bahwa "All projections provoke counter-projection when the object is unconscious of the quality projected upon it by the subject."

Komentar

  1. Wahh ini nih yg biasa kejadian. Korbannya ya bawahan paling bawah kalo bos diomelin bos besar.. Semoga ga kesringan aja deh

    BalasHapus

Posting Komentar