Displacement

Didalam ilmu kejiwaan (psikologi), Displacement adalah sebuah mekanisme pertahanan alam bawah sadar. dimana pikiran mengarahkan pengaruh dari perasaan pada sebuah objek yang berbahaya atau tidak dapat diterima. untuk lebih jelasnya, beberapa orang memukul sofa ketika marah pada temannya; seorang mahasiswa membentak teman sekamarnya ketika kecewa pada nilai ujiannya.

Displacement mengoperasikan alam pikiran bawah sadar dan melibatkan emosi, ide, atau keinginan yang ingin dialihkan dari objek aslinya pada objek pengganti yang lebih dapat diterima. hal ini sering digunakan untuk mengurangi kecemasan.

Displacement bisa terjadi dalam reaksi berantai, orang yang dengan sengaja menjadi korban dan pelaku dari Displacement itu sendiri. sebagai contoh, orang yang marah dengan bosnya, akan tetapi tidak bisa mengekspresikan, lalu ia memukul istrinya. istrinya memukul salah satu anaknya, mungkin dengan menyamarkannya sebagai sebuah hukuman (atau bisa disebut Rasionalisasi). anaknya lalu memukul anjing. pada akhirnya salah satu tidak bisa memukul anaknya lalu memukul dirinya sendiri.

Walaupun Displacement biasanya digunakan untuk menunjukan dorongan aggresive, hal ini juga bisa ditujukan untuk dorongan seksual.

Komentar